Selamat datang para pengunjung computer-pemula.blogspot.com
Bukan bermaksud menggurui atau lebih pintar, hanya sekedar untuk membagi ilmu yang saya punya. Walau hanya sedikit semoga berguna bagi semuanya.

Sistem Operasi

Sistem operasi atau sering disebut OS (Operating System) merupakan sebuah software yang mengatur lalu lintas proses sebuah komputer serta menjembatani hubungan antara software dengan hardware. Pengaturan ini berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan antar proses dan menjaga proses berjalan dengan baik.
Pada sistem komputer lama dengan kondisi hardware dan software saat itu komputer tidak menyediakan fasilitas multitasking atau beberapa proses yang berjalan secara bersamaan, semisal pada saat kita mengetik tidak dapat memainkan file musik umpamanya. Namun pada saat ini dengan hardware yang semakin canggih dan dengan software yang terbaru kita dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa ada masalah.
Pada dasarnya komputer tidak dapat melakukan beberapa proses sekaligus, namun proses tersebut dilakukan secara bergantian. Baiknya sistem dan cepatnya proses yang berjalan melebihi kemampuan untuk melihat atau mendengar oleh manusia menjadikan proses-proses tersebut seakan-akan berjalan bersama-sama.
Tanpa adanya Sistem Operasi dalam komputer kita maka mustahil kita dapat mengisi komputer dengan software-software untuk keperluan mengetik, menggambar, musik, game, dll. Sistem operasi bagaikan rumah sedangkan barang-barang keperluan rumah kita bagaikan software-software yang terpasang di komputer kita.
Contoh sistem operasi adalah Windows (Windows 95, NT, 98, 2000, ME, XP, 2003, Vista, dll), Linux (Mandrake, Red Hat, Slackware, FreeBSD, Fedora, Knoppix, Ubuntu, dll), Macintos, dll.



Tidak ada komentar:

Your Ad Here