Selamat datang para pengunjung computer-pemula.blogspot.com
Bukan bermaksud menggurui atau lebih pintar, hanya sekedar untuk membagi ilmu yang saya punya. Walau hanya sedikit semoga berguna bagi semuanya.

Trojan

Istilah trojan berasal dari troya dalam sejarah Yunani. Setelah 10 tahun mengurung Troya, Yunani membuat taktik baru untuk mengalahkan Troya. Yunani membangun sebuah patung kuda berukuran raksasa untuk dihadiahkan kepada Troya. Padahal, di dalam patung itu terdapat bala tentara Yunani yang bersembunyi. Sementara, tentara Yunani yang mengurung Troya bersembunyi sehingga seolah-olah Yunani rela melepaskan Troya.
Troya menerima patung kuda itu dan diletakkan di dalam benteng. Tengah malam, pasukan Yunani keluar dari patung kuda dan merangsek dan berhasil menduduki Troya.
Istilah Kuda Troya ini kemudian digunakan untuk malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, yang menyelamatkan, padahal di balik itu ia merusak. Kuda ini bisa ditunggangi oleh malware lain seperti virus, worm, spyware. Troya dapat digunakan untuk menyebarkan atau mengaktifkan mereka.
Bisa saja suatu program dibuat seolah-olah adalah antivirus gratis. Memang program itu menghapus suatu virus, tapi ternyata selain itu ia juga memasukkan virus lain ke dalam komputer.
Bedanya dengan virus dan worm, Troya tidak dapat menggandakan diri. Tapi virus atau worm yang numpang di dalamnya bisa saja.
Sumber: PC+

Tidak ada komentar:

Your Ad Here