Selamat datang para pengunjung computer-pemula.blogspot.com
Bukan bermaksud menggurui atau lebih pintar, hanya sekedar untuk membagi ilmu yang saya punya. Walau hanya sedikit semoga berguna bagi semuanya.

Memori

Secara garis besar memori dalam komputer dibagi menjadi 2 (dua), yaitu Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory. ROM adalah non-volatile memory, tipe memori yang tidak akan hilang isinya walaupun komputer dimatikan. ROM biasanya digunakan pada BIOS. Sedangkan RAM adalah tipe volatile memory, artinya data pada memory akan hilang jika komputer dimatikan.
RAM dalam sistem komputer sering digunakan sebagai memori sistem, yang berfungsi menpercepat transfer data. RAM sendiri dapat lagi dibagi dua, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM adalah RAM yang tetap dapat mempertahankan data di dalamnya tanpa perlu disegarkan secara berkala. Sedangkan dynamic RAM perlu disegarkan secara berkala untuk mempertahankan isinya. Kebutuhan penyegaran secara berkala pada DRAM membuatnya lebih lambat dari SRAM.
Tipe memori yang biasa digunakan untuk PC adalah FPM (Fast Page Mode) dan EDO (Extended Data Out) RAM, Synchronous Dynamic RAM (SDRAM) dan yang terakhir Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM).




1 komentar:

Haezerbeen mengatakan...

klo yang paling bagus diantara memori yang biasa dipasang di Pc yang mana mas. Terima kasih sblmnya

Your Ad Here