Selamat datang para pengunjung computer-pemula.blogspot.com
Bukan bermaksud menggurui atau lebih pintar, hanya sekedar untuk membagi ilmu yang saya punya. Walau hanya sedikit semoga berguna bagi semuanya.

Mencari file yang hilang

Sebenarnya tidak cocok kalau disebut file yang hilang, lebih cocok disebut file yang kita lupa menyimpannya di mana. Kalau file tersebut penting maka mau tidak mau kita harus mencarinya sampai ketemu, tapi bagaimana caranya mencarinya di antara ribuan file dan folder yang kita punyai?
Windows memiliki fasilitas pencarian yang bisa kita temukan di Start -> Search (atau bila menggunakan Windows versi 2000 ke bawah adalah Start -> Find -> Files or folders). Pilih jenis file yang dicari, untuk memperluas pencarian pilih All files or folders, selanjutnya kita harus ingat beberapa spesifikasi dari file tersebut misal sebagian dari namanya, atau sebagian dari isinya, kita tidak usah mengingat banyak hanya satu atau dua kata yang spesifik dari file kita. Sebagai contoh kita cari file kita yang menyimpan data siswa, yang kita ingat file tersebut mengandung kata siswa dan atau kita ingat di dalamnya misalkan ada tulisan orang tua wali. Maka pada isian All or part of the file name isi saja dengan siswa, dan atau isian A word or phrase in the file isi dengan orang tua wali (bisa diisi salah satu atau dua-duanya lebih baik). Look in isi dengan lokasi yang dicari, bila ingat folder tempat penyimpanan lebih baik karena lingkup pencarian akan lebih sedikit. Pada More advanced options kasih centang pada Search subfolders, pilihan ini memungkinkan pencarian sampai ke dalam folder-folder di dalam lokasi pencarian kita. Yang terakhir klik Search dan pencarian dimulai, silakan pilih sendiri file yang telah ditemukan.




Tidak ada komentar:

Your Ad Here