Selamat datang para pengunjung computer-pemula.blogspot.com
Bukan bermaksud menggurui atau lebih pintar, hanya sekedar untuk membagi ilmu yang saya punya. Walau hanya sedikit semoga berguna bagi semuanya.

Tambah dan copy sheet di Ms. Excel

Untuk menambah sheet baru di Excel kita bisa menggunakan menu Insert -> Worksheet, nama sheet baru akan menjadi SheetX di mana X adalah angka merujuk nama sheet terbesar ditambah 1. Misal nama sheet terbesar adalah Sheet3 maka nama sheet baru adalah Sheet4.
Untuk memindahkan letak sheet dapat kita lalukan dengan menyeretnya ke lokasi baru. Letakkan kursor pada nama sheet, tekan dan tahan lalu seret kursor ke kanan atau ke kiri sesuai letak baru yang kita inginkan.
Terkadang kita sudah membuat suatu tabel laporan di satu sheet, sudah kita format sedemikian rupa, sedangkan kita menginginkan membuat sheet baru yang serupa. Tentu menjadi pekerjaan yang melelahkan bila kita harus membuatnya kembali di sheet yang baru. Nah, inilah gunanya copy sheet, dengan copy sheet semua pekerjaan yang telah kita lakukan pada sheet sebelumnya akan ada di sheet baru jadi kita tinggal mengganti sedikit saja seperlunya. Caranya gunakan menu Edit -> Move or Copy Sheet… atau klik kanan pada nama sheet lalu pilih Move or Copy…
To book: secara bawaan adalah nama file yang sedang kita kerjakan, pilihan ini merujuk file mana tujuan sheet yang akan kita pindah atau copy. Bila dalam file yang sama, pilihan ini tidak usah diganti, bila tujuannya ke file yang baru lagi maka pilih (new book).
Before sheet: peletakan sheet baru diletakkan pada posisi sebelum nama sheet yang ditunjuk, bila akan diletakkan pada sheet terakhir pilih (move to end)
Create a copy, bila dibiarkan kosong atau tidak dicentang maka sheet yang kita pilih hanya akan dipindahkan saja ke posisi baru, bila dicentang maka sheet yang kita pilih akan diduplikasi ke posisi yang baru. Dengan duplikasi ini maka kedua sheet akan sama, ukuran serta format yang telah diset pada sheet yang lama.
Cara cepat copy sheet dapat dilakukan seperti memindah sheet, hanya saja saat kita menyeret mouse disertai menekan tombol Ctrl (perhatikan gambar).



Tidak ada komentar:

Your Ad Here